GILA ! LIANG LAHAT DISIAPKAN UNTUK KORBAN MUDIK



             Saya tergelitik untuk menulis tulisan ini setelah mendengar berita di Top Ten News Metro TV (edisi 1 Agustus 2013). Kurang lebih isi beritanya mengatakan bahwa 125 liang lahat secara khusus disiapkan untuk korban kecelakaan mudik di Jakarta!. Kita semua tahu bahwa setiap kali ritual mudik selalu ada korban meninggal akibat kecelakaan. Tragisnya, setiap tahun korban yang meninggal selalu meningkat setiap tahunnya. Jika kondisinya begitu akut, apakah menyiapkan liang lahat solusi terbaik menjawab kisruh tahunan tersebut?.
            Dalam hal ini kita patut mempertanyakan kinerja dinas PU baik pusat maupun daerah. Terlepas dari kelalaian pengguna kendaraan, mengapa jalan- jalan rusak yang digunakan untuk jalur mudik belum juga kelar? Mengapa hanya ketika menjelang mudik saja dinas PU baru memulai pekerjaan untuk memperbaiki jalan?. Alasannya selalu klasik dan klise yaitu birokrasi proyek/tender. Apakah keputusan menyiapkan kuburan merupakan ekspresi keputusasaan pemerintah? ataukah pemerintah ingin cuci tangan dan lari dari tanggung jawabnya mengurusi hajat orang banyak?. Sungguh memprihatikan melihat jalur pantura yang sudah lama direncanakan belum juga usai dan bisa dinikmati. Sehingga tidak mengherankan jika banyak yang menilai jalur pantura merupakan proyek abadi dinas PU. Sebenarnya masih banyak lagi proyek- proyek dinas PU (jalan raya) yang sampai sekarang belum rampung baik pengerjaan ataupun perbaikannya.
            Jika kondisinya seperti ini wajar saja timbul kecurigaan terhadap penyalahgunaan APBN kementerian PU, mengingat tahun ini adalah tahun politik. Dengan kemungkinan seperti ini, kita berharap BPK segera mengaudit kementerian PU. Semoga pemerintah sadar bahwa menyiapkan liang lahat bukanlah solusi menekan angka kematian kecelakaan saat mudik. Sarana yang baik juga mendukung proses mudik berjalan dengan baik. Jika masalahnya adalah pengguna kendaraan, sebaiknya polisi harus kerja keras dan tegas terhadap pengguna kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas saat mudik.
Salam.

Komentar