PERCERAIAN = RENCANA TUHAN?



          Salah satu program televisi yang kurang saya sukai adalah berita infotainment. Selain tidak bermanfaat, informasi yang disampaikan pasti selalu menyangkut pernikahan, perceraian atau sensasi para artis. Secara tidak sengaja, 2 atau 3 hari yang lalu saya menyempatkan diri untuk mendengar pernyataan seorang artis yang pernikahannya sedang diguncang prahara. Artis tersebut bernama Titi Sjuman (terakhir namanya diganti ke nama aslinya) yang juga merupakan juri IMB (Indonesia Mencari Bakat) di salah satu televisi swasta.
            Tentu yang menarik perhatian saya bukanlah perceraiannya, namun penyebab gugatan cerainya. Titi Sjuman mengatakan bahwa tidak ada yang salah atau benar hanya tidak adanya lagi kesepahaman dalam menjalani bahtera rumah tangga. Tanpa bermaksud mengurusi urusan orang lain, pernyataan yang disampaikannya sangat tidak masuk akal. Apakah orang berumah tangga harus selalu “sepaham”?. Perbedaan dan kesalahpahaman itulah yang membuat indah perjalanan rumah tangga. Fenomena kawin cerai seperti ini memang tidak sekali atau dua kali menimpa para selebritis. Begitu mudahnya menikah dan bercerai. Kadangkala saya bertanya- tanya, apakah selama mereka pacaran mereka tidak menunjukkan kelemahan- kelemahan pribadi mereka?. Janji sehidup semati saat pernikahan pun tidak berlaku lagi ketika suatu permasalahan mengguncang rumah tangga. Pernyataan tidak ada yang salah atau benar pun seolah- olah menyalahkan mengapa mereka menikah. Suatu perceraiaan, suka atau tidak suka pasti ada yang salah tetapi tidak ada yang benar.
            Saat diwawancarai oleh sebuah infotainment Trans TV (12/2/13), pernyataan dari Titi Sjuman (TS) kembali menjadi bahan pemberitaan gosip selebritas. Ketika ditanya apa dan bagaimana pernikahannya sampai harus bercerai, TS menyatakan perceraiaannya dengan sang suami tidak pernah terpikirkan dan dengan santai mengatakan mereka tidak pernah tahu rencana Tuhan bagi  mereka. Secara tidak langsung, saya menyimpulkan pernyataannya bahwa perceraiaan adalah rencana Tuhan. Bukankah pernikahan sekali untuk selamanya?.
            Semoga para penonton infotainment di Indonesia tidak mengikuti gaya hidup selebritis kita yang hobi kawin cerai. Menjalani rumah tangga memang tidak akan pernah mulus tetapi jika janji sehidup semati terus dipelihara maka cinta itu akan tetap hangat untuk mengikat rumah tangga hingga maut memisahkan.

Happy Valentine Day.

Komentar